Jumat, 22 September 2023

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ???

8 komentar:

  1. Setiap dekade akan selalu perubahan karena memang setiap manusia setiap kurun waktu tertentu terjadi perubahan kebudayaan dan aktivitas manusia demikian juga untuk kurikulum yang memang diperuntukkan masa depan yaitu khusus anak-anak Didik maka kurikulum harus selalu berubah walaupun jangan terlalu dekat demikian mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Tidak Alergi terhadap perubahan.

      Hapus
  2. Kurikulum boleh berubah tapi jangan menambah admin buat gurunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau admin yang dimaksud adalah adminitrasi pembelajaran. Menurut pendapat saya pada tiap-tiap kurikulum pasti ada karena itu bagian dari tugas seorang guru yaitu membuat perencanaan. Administrasi bisa disederhanakan asal sesuai indikator minimal dan sesuai kebutuhan yang diinginkan guru serta kondisi siswa.

      Hapus
  3. Sepakat perubahan kurikulum mengikuti perubahan dan tantangan jaman. Perubahan kuirkulum harus diimbangi perubahan mindset guru, karena peran guru dominan dalam implementasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman selama mengikuti beberapa kali perubahan kurikulum mulai tahun 1994, memang gurulah yang menjadi faktor terbesar keberhasilan kurikulum. Kurikulum sudah baik dijamannya tetapi kalau mindset guru tidak berubah, maka harapan untuk terjadi perubahan tidak akan terwujud.

      Hapus
    2. Dalam hidup hal yg abadi adalah PERUBAHAN. Kita harus siap menerima sebuah perubahan termasuk di dalamnya terkait dg kurikulum yang memang sudah waktunya mengalami perubahan "mengikuti" tuntutan kebutuhan zaman.
      Perubahan kurikulum yang dilakukan secara bertahap mari kita sambut dengan suka cita dg tujuan kita semua khususnya insan pendidikan agar bisa cepat menyesuaikan dg kurikulum baru sbg penyempurna dari kurikulum sebelumnya dan bisa mengantarkan anak2 semakin hebat dan semakin sukses.

      Hapus
  4. MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ???
    karena TI selalu berubah dan merubah cara manusia mencari informasi

    BalasHapus